PPID

PPID atau Pejabat Pengelola Informasi Publik dan Dokumentasi adalah unit yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP).

Pada SKPD Bappeda Kabupaten Bima unit ini (PPID) berada di bawah koordinasi Sekretaris sebagai Ketua PPID dan Kepala Sub Bidang Program dan Pelaporan sebagai Sekretaris PPID.

Prosedur untuk mendapatkan data atau informasi sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi.

Sedangkan untuk formulir permohonan data/informasi  sesuai dengan Peraturan Komisi Informasi Nomor 10 Tahun 2010.

TUGAS & FUNGSI

Tugas pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan informasi publik di PPID Pembantu dilaksanakan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu di Bappeda Kabupaten Bima.

Dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan dan pelayanan informasi dan dokumentasi Pemerintah Kabupaten Bima mengacu pada peraturan perundang-undangan, sebagai berikut :

1. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

2. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

3. Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008.

4. Peraturan Komisi Informasi Pusat Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik. 5. Peraturan Komisi Informasi Pusat Nomor 2 Tahun 2010 tentang Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *